Dies Natalis ke 24 Akademi Maritim Belawan (AMB) Medan.

AMB Medan berupaya untuk mampu mendidik Taruna-taruni Calon pelaut dan Ahli kepelabuhanan yang handal, Taruna/i handal tersebut memiliki lima kriteria utama yaitu :

 

  1. Disiplin;
  2. Tangguh;
  3. Tanggap;
  4. Tanggung jawab;
  5. Sikap mental  baik dan  kuat;

 

Kerja di atas kapal dan di pelabuhan butuh keahlian dan profesionalisme, maka Taruna/i AMB Medan dipersiapkan sejak dini untuk menguasai kelima Kriteria utama tadi.

Dalam rangka Dies Natalis AMB Medan ke-24 diadakan seminar dengan tema “Diklat Kepelautan Mendukung Tol Laut sebagai Poros Maritim”. Direktur AMB Medan Capt T Leo Gurusinga M.Mar, M.Pd menyampaikan, bahwa seminar digelar untuk menyukseskan program pemerintah yang menjadikan tol laut sebagai poros maritim.

Untuk mensupport program tersebut, dunia maritim akan membutuhkan kapal-kapal dan pelabuhan yang berstandar Internasional. Selain itu kebutuhan pelaut-pelaut profesional dan ahli kepelabuhanan untuk mengisi kebutuhan tersebut akan sangat dinantikan.

Kehadiran AMB Medan dengan jurusan Nautika dan Teknika setelah ujian keahlian pelaut akan mendapatkan ANT-III dan ATT-III diharapkan dapat mengisi kebutuhan pelaut di kapal dan jurusan KTK untuk mengisi pegawai kepelabuhanan.

“Kerja di atas kapal dan di pelabuhan butuh keahlian dan profesionalisme, maka Taruna/i AMB Medan dipersiapkan sejak dini untuk menguasai kelima kriteria utama tadi,” katanya.

Pada seminar tersebut turut hadir sebagai pemakalah dan nara sumber, adalah ;

  1. Dr. Anton Sihombing, M.Mar (Anggota Komisi V DPR-RI ; Ketua Umum Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia ; Ketua Umum Indonesia Maritime and Ocean Watch . IMO Watch) ;
  2. Capt Tahan Sibuea (Ketua DPD IMO Watch Sumut)
  3. Capt. Rahmat Suryawan, M.Mar (Pengawas Kapal Asing (PSCO) dari Kesyahbandaran Pelabuhan Utama Belawan) dan
  4. Arkhamuddin, S.Sos (Kabid Lala dan Kepelabuhanan dari Otoritas Pelabuhan Utama Belawan).

Peserta seminar tersebut dihadiri juga oleh pimpinan perusahaan pelayaran, intansi Pemda, Kepolisian,  Dosen dan Taruna/i AMB Medan dan undangan lainnya

AMB Medan yang berlokasi di Jalan Kapten Muslim, Helvetia Medan, juga akan kedatangan tamu dari tim auditor PPSDM perhubungan laut untuk visitasi dalam  Pelaksanaan STCW 1978 Amandemen 2010 (Manila), dalam rangka Aproval dari Ditkapel-Ditjen Perhubungan Laut Jakarta.

6.902 thoughts on “Dies Natalis ke 24 Akademi Maritim Belawan (AMB) Medan.